Cari Blog Ini

Minggu, 29 Juli 2012

Anatomi Robot


Anatomi Robot
Untuk membut sebuah robot kita harus memahami sistim dasarnya dahulu,  sistim dasar robot harus dibuat dengan perencanaan yang tepat agar robot dapat bekerja sesuai yang kita inginkan. Nah sistim dasar robot terdiri atas Sisim Mekanik,  Sistim Elektronik, Sistim Pemrograman.

A. Sistim Mekanik
Sistim Mekanik merupakan salah satu bagian penting yang digunakan untuk menyusun  sebuah robot. Sistim mekanik meliputi bentuk dan desain robot, material penyusun, serta sistim penunjang penggerak robot.
Bentuk dan desain robot beragam dan disesuaikan dengan selera pembuatnya. Pada robot yang menggunakan roda, umumnya ada 3 jenis yaiti robot roda tiga, robot roda empat, robot tank. Maing masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangan. Bentuk dan desain robot dapat digambarkan dengan perangkat lunak pada computer, baik dalanm 2 dimensi dan 3 dimensi dengan sekala dan ukuran yang disesuaikan dengan bentik aslinya, sehingga memudahkan pembuatan robot dalam ukuran yang sebenatnya.
Sistim penunjang penggerak robot berupa roda, lengan, atau kaki. Jenisnya disesuaikan dengan jenis robot yang ingin dibuat.
B. Sistim Elektronik
Sistim elektronik bisa disebut  factor utama penyusun sebuah robot. Sistim elektronik digunakan untuk, mengendalikan, menggerakkan dan menstabilkan robot. Secara umum, yang tergolong sistim elektronik robot adalah rangkaian sensor, rangkaian catu daya, rangkaian pengendali (driver), rangkaian control, dan rangkaian penggerak (actuator).
Rangkaian sensor dapat dikatakan sebagai ‘mata’ sebuah robot untuk mengenali lingkungan disekitar. Rangkaian catu daya adalah rangkaian penmbangkit listrik sebuah robot. Rangkaian ini berfungsi untuk memberi, mengatur, dan membagi daya daya listrik pada robot.
Rangkaian atau bisa disebut dengan berfungsi untuk menggerakkan robot sesuai dengan perintah yang diberikan. Penggerak robot yang utama adalah motor. Jenis-jenis motor yang digunakan dapat disesuaikan dengan robot yang di rancang. Misal untuk lengan robot dapat digunakan motor servo, dan untuk line follower menggunakan motor DC.

C. Sistem Pemrograman/Bahasa Program
Sistem Pemrograman digunakan pada sebuah robot yang bersifat programmable,atau robot yang menggunakan IC microcontroller itu sendiri. Sistem pemrograman yang biasa yang atara lain Bahasa C, Asembly, Basic dan Pascal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar